Jumat, 29 April 2011

“Uuuuups,,,,,Jangan sampai 'pilih-pilih tebu' yaaaa........”

Sebagai manusia, kita sudah di kodratkan sebagai makhluk sosial,bukan individual.... Maka, sudah sewajarnya bahwa kita pasti akan membutuhkan peran serta orang lain dalam kehidupan kita. Kita butuh orang yang perhatian sama kita, sayang, percaya, setia, peduli, dan selalu ada untuk kita.
Namun tidak semua orang dapat menjadi sahabat yang baik bagi kita. Diluar sana banyak sekali orang-orang yang baik, tapi kita harus selalu waspada terhadap kebaikan-kebaikan tersebut. Bisa saja dibalik semua perhatiannya, justru sebenarnya tersirat maksud yang buruk. Maka jangan mudah percaya kepada orang lain.
Dibawah ini terdapat beberapa tips untuk sedikit lebih banyak memberi pengetahuan kepada kita agar dapat memperoleh teman yang benar-benar sejati :
Pendahuluan : sebelum menuju ke topik, ada kalanya kita tau apa itu sahabat sejati. Banyak sekali definisi-definisi yang dapat menjelaskan arti sahabat sejati dari sudut pandang masing-masing individu yang berbeda. Di ambil dari salah satu contoh, menurut penulis, sahabat sejati adalah sahabat yang berani mengatakan salah ketika kita salah, dan tidak melebih-lebihkan dengan pujian palsu ketika kita benar.



Carilah teman sebanyak mungkin.
Setelah banyak teman, kita harus menilai dengan cermat teman-yeman yang sudah kita dapat tadi, mungkin dari karakter dia, dan lain sebagainya agar kita mampu membandingkan sisi positif beserta sisi negatif dari masing-masing karakter individu.
Introspeksi diri dan sesuaikan prinsip-prinsip hidupnya dengan diri kita.
Setelah kita mengetahui baik budi pekerti dia, cocokkan dan nilai apakah dia benar-benar orang yang dapat dijadikan teman sejati atau bukan. Disini, kita harus mempunyai tujuan yang sama dengan teman yang ingin kita jadikan teman sejati tersebut. Apabila dia memang bisa dijadikan teman sejati, maka kita akan merasa nyaman saat kita sedang bersama mereka.
Amati seberapa besar peran dia kepada kita.
Apakah mereka selalu ada saat kita dalam keadaan apapun? Teman yang benar-benar sejati akan slalu mengerti saat kita dalam keadaan suka maupun duka, bisa di lihat dari segi aspek apapun, dan bahkan tidak membedakan sejenis atau lawan jenis baginya.
Selalu waspada
Kita juga harus berhati-hati dengan sikap teman kita. Seperti yang telah di sebutkan di awal-awal paragraf tadi, tidak selalu kebaikan seseorang itu tulus dari dasar hati. Maka jangan mudah terpengaruh terhadap pujian atau cacian. Karena dua hal tersebut sebenarnya tidak berpengaruh kepada kita.

Benar-benar selektif
Dari kesekian tips,tips terakhir ini yang paling penting. Selektif disini bukan berarti kita menjadi seseorang yang egois, selalu membeda-bedakan antar teman, bukan seperti itu., tetapi selektif disini kita harus benar-benar dapat memilih teman-teman yang pantas untuk kita. Karena teman dapat berpengaruh terhadap perilaku kita, keseharian kita, dan bahkan masa depan kita di masa yang akan datang. Selektif disini juga merupakan langkah untuk mendapatkan kebaikan bagi diri kita nantinya, karena apabila kita sampai salah pergaulan, maka ambang kehancuran masa depan kita sudah ada di depan mata.
Dari penjelasan tips terakhir di atas, untuk itu pilihlah teman yang berperilaku baik, satu tujuan dengan kita, satu keyakinan dengan kita, saling bahu-membahu dalam keadaan susah, saling tertawa disaat senang, dia slalu ada saat kita butuh, dan kita juga harus slalu ada saat dia butuh. Satu lagi, jangan sampai “pilih-pilih tebu” seperti yang orang jawa bilang. Artinya, kita tidak boleh salah pilih teman sejati. Niatnya ingin mencari yang baik, ehh malah sebaliknya yang di dapat. Ingat, sahabat yang benar-benar sejati akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, bukan malah sebaliknya.
Mencari sahabat sejati memanglah tidak mudah, untuk itu jaga sahabat yang sudah kita punya. Jangan sia-siakan mereka, dan berusahalah agar menjadi sahabat yang baik pula bagi sahabat-sahabatmu. Jangan kecewakan mereka, karena mereka akan membantumu di ambang kesuksesan nanti,percaya guuuuuyyyys? Good Luck.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar